Filsafood. Tulisan bergizi untuk akal dan jiwa yang sehat
tren makanan

Tren makanan dan minuman di tahun 2019


Tren Makanan. Makanan memang bukan hanya berbicara mengenai nutrisi, namun juga rasa, penampilan, dan gaya hidup. Makanan sehat sepertinya sudah mulai menjadi kesadaran masyarakat. Media sosial dan internet telah melakukan banyak hal dalam mengedukasi mayarakat mengenai pola makanan dan pilihan makanan yang baik untuk kesehatan.

Tren makanan dan minuman tahun di tahun 2019 sepertinya kebanyakan pada makanan-makanan yang lebih sehat, selain itu beberapa kreasi-kreasi makanan juga akan booming di tahun ini

Berikut 7 tren makanan dan minuman di tahun 2019 menurut versi filsafood

1. Tren Makanan rendah gula dan rendah karbohidrat

Masalah diabetes dan obesitas di daerah perkotaan disebabkan karena pola makan selama ini yang tinggi kalori. Kurang lebih dalam lima tahun ini pola diet rendah karbohidrat menjadi suatu pilihan gaya hidup untuk mengurangi berat badan dan resiko diabetes. Produsen olahan pangan pangan juga saat ini berupaya menghasilkan produk yang rendah kalori khususnya kalori dari karbohidrat.

2. Es krim dan cake yang ditambahkan ekstrak buah atau tanaman obat

Es krim tetap menjadi favorit di tahun 2019. akan muncul beberapa kreasi es krim yang menambahkan ekstrak tanaman obat untuk menambahkan khasiatnya kedalam es krim. Es krim merupakan pilihan yang baik karena es krim merupakan suatu emulsi yang dapat melarutkan senyawa-senyawa tersebut.

Bukan hanya es krim, produk-produk cake pun akan banyak difortifikasi dengan ekstrak-ekstrak tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan. Tujuannya jelas ingin meningkatkan status sebagai produk cemilan sehat. selain itu penambahan ekstrak tanaman akan mengubah warna produk menjadi tidak lazim namun menarik, seperti produk roti antosianin yang berwarna merah keunguan.

3. Salad sayur dan makanan hijau

Salad sayur dan makanan hijau yang dimakan mentah atau diolah minimal akan menjadi tren makanan. Salad memang sudah lama menjadi bagian dari diet dibeberapa negara. Namun di Indonesia, salad buah lebih populer dibandingkan dengan salad sayur yang lebih menyerupai kudapan.

4. Makanan untuk kesehatan usus besar

Saat ini penyakit kanker usus karena pola makan yang tinggi lemak dan kurang serat menjadi suatu kekhawatiran. Makanan fermentasi yang kaya akan bakteri asam laktat (BAL) akan menjadi solusi untuk kesehatan usus besar. Makanan tinggi serat, yogurt, atau kefir akan menjadi pilihan.

5. Cold brew coffee (kopi yang diseduh air dingin)

Kopi pada umumnya diseduh dan nikmat dihidangkan dalam keadaan panas. Namun saat ini Cold brew coffee telah menjadi sebuah tren dalam menikmati kopi. Masalah ekstraksi rasa dan aroma kopi yang tidak semaksimal penyeduhan menggunakan air panas adalah masalah yang dihadapi oleh produsen kopi dingin. Selain itu kopi yang diseduh air dingin mengandung antioksidan yang lebih rendah dibandingkan yang diseduh air panas. Namun hal ini akan menjadi tantangan untuk mengembangkan teknik penyeduhan. Dan kedepan Cold brew coffee ini akan menjadi tren dikalangan penikmat kopi.

6. Oat milk

Oat yang dikenal dalam bentuk produk yang granula dikenal sangat baik untuk kesehatan jantung. Saat ini telah dikembangkan susu yang berasal dari oat. Hampir sama dengan susu kedelai, proses ekstraksi pada oar ini juga bisa menghasilkan minuman sehat yang secara visual menyerupai susu. Minuman ini akan mulai dikenal oleh masyarakat sebagai minuman kesehatan karena sifat fungsional oat yang telah terkenal baik untuk kesehatan jantung

7 Aneka olahan mie instant

Ini yang agak aneh, namun tren olahan mie instant ini akan tetap menjadi perbincangan. Mewabahnya warung-warung burjo yang makin semakin terkenal dikalangan borjuis dan kaum kere akan meningkatkan kreatifitas pemilik warung dalam mengolah dan mengkreasikan mie instant yang dapat menarik pelanggan. Lihat saja bebrapa kreasi mie instant yang ditambahkan susu bubuk, atau dimasak dengan kuah santan atau mie goreng yang dicampur nasi goreng menjadi contoh kreasi olahan mie instant. Hehehehe

Leave a Reply

You are donating to : Filsafood donation

How much would you like to donate?
$10 $20 $30
Would you like to make regular donations? I would like to make donation(s)
How many times would you like this to recur? (including this payment) *
Name *
Last Name *
Email *
Phone
Address
Additional Note
Loading...