Filsafood. Tulisan bergizi untuk akal dan jiwa yang sehat
tanggal kadaluarsa

Belanja produk pangan olahan, jangan lupa cek tanggal kadaluarsa


Menjelang lebaran, pasti banyak di antara kita yang belanja produk-produk pangan olahan. Nah, jangan lupa ya, selalu cek tanggal kadaluarsa produk. Jangan beli produk yang telah kadaluarsa.

Apa itu tanggal kadaluarsa?

Tanggal kadaluarsa merupakan batas jaminan dari produsen terhadap kualitas produk. Artinya, mutu produk sebelum mencapai tanggal kadaluarsa dijamin oleh produsen, sepanjang kemasannya masih utuh dan penyimpanannya sesuai dengan yang seharusnya.

Apakah makanan kadaluarsa berbahaya?

Tidak semua produk jika sudah melewati tanggal kadaluarsa nya menjadi berbahaya untuk dikonsumsi. Ada produk yang jika kadaluarsa sudah tidak memenuhi syarat keamanan pangan dan karenanya tidak boleh dikonsumsi. Akan tetapi, ada juga produk yang jika kadaluarsa mengalami perubahan mutu sensorinya (misal: produk menjadi tidak renyah, warna jadi lebih gelap, muncul aroma tengik, dsb) tetapi masih aman dikonsumsi. Tapi, penting untuk diperhatikan bahwa setelah melewati tanggal kadaluarsa, tidak ada lagi jaminan dari produsen terhadap mutu maupun keamanan produk untuk dikonsumsi. Karena itu, untuk prinsip kehati-hatian, sebaiknya tidak mengkonsumsi produk kadaluarsa. Selain itu, UU Pangan juga melarang jual beli produk pangan kadaluarsa.

Kenapa ada produk yang belum melewati tanggal kadaluarsa tapi sudah rusak?

Ada banyak hal yang menyebabkan produk rusak sebelum mencapai tanggal kadaluarsanya. Dua diantaranya adalah kemasan rusak dan kondisi penyimpanan yang tidak tepat.

Boleh tidak, kita membeli produk yang sudah dekat batas kadaluarsa?

Jika akan dimakan segera, artinya habis sebelum melewati tanggal kadaluarsa, boleh-boleh saja. Tapi, jika akan disimpan untuk waktu lama, pilih produk yang batas kadaluarsanya masih panjang.

oleh Elvira Syamsir

Dr. Elvira Syamsir
Kontributor

Seorang dosen di Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor. Tulisan beliau mengenai ilmu pangan dapat juga dibaca di blog pribadinya ilmupangan.blogspot.co.id

Leave a Reply

You are donating to : Filsafood donation

How much would you like to donate?
$10 $20 $30
Would you like to make regular donations? I would like to make donation(s)
How many times would you like this to recur? (including this payment) *
Name *
Last Name *
Email *
Phone
Address
Additional Note
Loading...