Filsafood. Tulisan bergizi untuk akal dan jiwa yang sehat
cara membuat susu kental manis

Cara Membuat Susu Kental Manis


Mengenal Susu Kental

Cara Membuat Susu Kental Manis. Susu kental manis atau yang lebih populer dengan singkatan SKM sempat menjadi berita yang diperbincangkan masyarakat. BPOM mengeluarkan “fatwa” nya bahwa SKM bukan susu. Padahal dalam Peraturan Kepala BPOM RI No. 21 tahun 2016 mengenai kategori pangan, SKM masuk dalam kategori produk susu dan analognya. Susu kental adalah produk berbahan baku susu yang diperoleh dengan menghilangkan sebagian airnya dengan atau tanpa penambahan bahan lainnya. Jenis Susu Kental dapat dibagi dua yaitu Susu Evaporasi (condensed milk), dan Susu Kental Manis

1 Susu Evaporasi

Susu evaporasi adalah produk susu yang dihilangkan sebagian kadar airnya dengan proses evaporasi hingga kekentalan tertentu. Kadar lemak susu tidak kurang dari 7.5% dan total padatannya tidak kurang dari 25%.

Sebelumnya kita harus pahami dulu bahwa dalam susu terdiri skim yang kaya protein, dan krim yang kaya lemak. Dalam santan juga dapat temukan skim dan krim ini, makanya santan dalam bahasa inggris disebut coconut milk.

Susu Evaporasi ini terbagi dua lagi yaitu Susu Skim Evaporasi dan Susu Lemak Nabati Evaporasi, perbedaannya yaitu Susu Skim Evaporasi adalah susu kental yang dikeluarkan lemaknya atau krimnya kemudian dievaporasi untuk mengurangi kadar airnya. Kadar lemak Susu Skim evaporasi ini tidak lebih dari 1% dan total padatannya tidak kurang 20%. Sedangkan Susu Lemak Nabati adalah produk yang mengganti lemak susu dengan lemak nabati kemudian dievaporasi. Kadar lemaknya tidak kurang 6%, dan total padatannya tidak kurang 23.5%.

2 Susu Kental Manis (SKM)

Produk ini dibuat dengan menambahkan gula pada susu cair kemudian di kurangi kadar airnya dengan proses evaporasi hingga mencapai kepekatan tertentu. Produk ini juga dapat dibuat dengan proses rekonstitusi menggunakan susu bubuk dengan penambahan gula dan air atau bahan lainnya kemudian dicampur dan di evaporasi. Karakteristik dasar produk ini adalah kadar lemak susu tidak kurang 8% dan kadar proteinnya tidak kurang 6.5%

Susu kental manis ini ada juga yang tetap menggunakan lemak susu dan ada juga yang menggantinya dengan lemak nabati. Tujuan penambahan gula yaitu untuk memperpanjang umur simpannya selain itu meningkatkan cita rasanya. Namun perlu diwaspadai produk ini sangat tinggi kandungan gulanya. Dalam 1 sajian SKM terdapat 20-40 gram gula atau setara dengan 5-10 sendok teh gula (konsumsi gula maksimal harian yaitu enam sendok teh). Tingginya kandungan gula dalam susu kental manis inilah yang menyebabkan BPOM melarang iklan SKM yang dianalogikan sebagai susu pada umumnya. Apalagi dalam iklannya selalu menggambarkan SKM diminum oleh anak-anak, padahal kandungan gizinya tidak sesuai dengan kebutuhan anak-anak.

Inilah maksud BPOM mengatakan bahwa SKM tidak sama dengan susu, karena perbandingan komposisi gulanya lebih tinggi dan sangat jauh dari persentase jumlah gula dalam produk susu. Dilain pihak promosi produsen SKM selalu menganalogikan produknya sama dengan susu pada umumnya

Bahaya gula dapat dibaca disini:

  1. Gula bisa bikin gemuk, kok bisa?
  2. Diabetes, takutlah pada gula bukan hanya pada micin
  3. Glikasi, kolaborasi jahat gula, protein, dan lemak

Susu kental manis dibagi menjadi dua yaitu Susu Skim Kental Manis dan Krim Kental manis. Susu skim kental manis dibuat dengan menghilangkan krim susu atau lemak susu, ditambahkan gula, dan di evaporasi. Kadar lemak produk ini maksimal 1%. Sedangkan Krim Kental manis yaitu mengganti menghilangkan skim pada susu, kemudian ditambahkan gula dan di evaporasi. Kadar lemak produk ini tidak kurang dari 45% dan total padatannya tidak kurang 65%.

Kita juga biasa mendengan Krimer Kental Manis. Bahan baku produk ini yaitu susu yang masih lengkap krim dan skim nya kemudian ditambahkan lemak nabati dan gula kemudian di kurangi kadar airnya hingga kepekatan tertentu. Ada juga produk Khoa yaitu produk susu sapi atau kerbau yang dikentalkan dengan proses perebusan.

Cara membuat Susu Kental Manis

Untuk membuat susu kental manis homemade, kita bisa menggunakan susu cair, atau susu bubuk sebagai bahan tambahannya. Bahan tambahannya hanya gula. dapat pula ditambahkan margarin.

Membuat SKM dengan bahan baku susu bubuk (tanpa pemasakan).

Alat: blender.

Bahan: Susu bubuk 500 g, gula pasir 400 g, margarin 50 g, dan air panas 250 ml.

Cara membuat: Masukkan air panas dalam blender, kemudian tambahkan margarin dan gula pasri kedalamnya, nyalakan blender dan aduk hingga tercampur, kemudian masukkan susu bubuk setengahnya kemudian aduk lagi menggunakan blender, dan masukkan setengah susu bubuknya lagi dan aduk hingga rata. Setelah selesai simpan dalam kulkas.

Membuat SKM dengan bahan baku susu cair.

Bahan: Susu cair 400 ml (full cream atau low fat), Gula pasir 175 gram

Cara membuat: Aduk susu dan gula dalam panci, kemudian panaskan dengan menggunakan api kecil, kemudian aduk hingga gula larut. Aduk terus hingga mengental dan warnanya berubah menjadi kekuningan. Setelah kekentalan yang diinginkan didapat, matikan kompor, dinginkan dan simpan ditempat yang kedap udara.

Selamat mencoba.. Yang penting enak…. hehehehe

Salam,
Februadi

Leave a Reply

You are donating to : Filsafood donation

How much would you like to donate?
$10 $20 $30
Would you like to make regular donations? I would like to make donation(s)
How many times would you like this to recur? (including this payment) *
Name *
Last Name *
Email *
Phone
Address
Additional Note
Loading...