Filsafood. Tulisan bergizi untuk akal dan jiwa yang sehat
tempe di luar negeri

Seberapa terkenalnya tempe di luar negeri?


Tempe di luar negeri. Di Jepang, tempe dikenal sebagai salah satu makanan sehat yang kaya gizi dan manfaat. Orang Jepang tau bahwa tempe berasal dari Indonesia. Mereka menyenangi tempe karena di Jepang juga ada makanan fermentasi kedelai yang bernama natto. Berbeda dengan tempe, natto memiliki tektur yang berlendir.

Baca Juga: Produk Rekayasa genetika

Bahkan di Jepang, mereka telah memproduksi tempe sendiri, harganya cukup mahal 400 yen (sekirat 50rb rupiah) untuk 100 gram. Tercatat kurang lebih enam buah paten mengenai produksi tempe yang didaftarkan di Jepang. Selain di Jepang, tercatat juga 12 paten pembuatan tempe di Amerika Serikat. Sebagian besar tempe di luar negeri diproduksi oleh WNI.

tempe di luar negeri
Tempe yang diproduksi di Jepang

Di kota Kyoto, ada seorang WNI yang menikah dengan orang Jepang bernama Rustono membuat pabrik tempe. Satu kali produksi menghasilkan kurang lebih 3500 tempe yang dijual ke supermarket di Jepang seputar Kyoto, dan produksi tersebut selalu saja tidak mencukupi kebutuhan pasar.

Pak Rustono, produsen tempe yang tinggal di Jepang

Sudah jelas, dibandingkan dengan tempe buatan Jepang yang saya foto diatas, tempe yang dihasilkan oleh Pak Rustono rasanya lebih mirip dengan tempe yang ada di Indonesia.

Bahan Bacaan: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2010/12/07/the-tempe-master-in-japan

Leave a Reply

You are donating to : Filsafood donation

How much would you like to donate?
$10 $20 $30
Would you like to make regular donations? I would like to make donation(s)
How many times would you like this to recur? (including this payment) *
Name *
Last Name *
Email *
Phone
Address
Additional Note
Loading...