Filsafood. Tulisan bergizi untuk akal dan jiwa yang sehat
penanganan daging qurban

23 Cara Penanganan daging qurban


23 CARA PENANGANAN DAGING QURBAN. Sebentar lagi Idul Qurban, perbaikan gizi protein insyaAllah akan terjadi secara nasional. Baik yang kaya maupun yang miskin, yang muslim maupun non muslim, pendukung Jokowi atau Prabowo, insyaAllah akan kebagian merasakan nikmatnya makan daging qurban. Biasanya setelah idul qurban banyak daging lebih yang harus disimpan. Nah berikut 23 cara penanganan daging qurban yang baik versi filsafood.

1. Perlu dicuci apa tidak?. Daging itu insyaAllah bersih gaess. Yang banyak bakterinya itu lantainya, talenan tempat potong daging, atau tangan panitia pembagian daging yang kadang melap keringatnya karena kelelahan membagikan daging kepada para pemegang kupon. hehehe. Jadi sebaiknya dicuci saja sebelum disimpan dan secepatnya dimasukkan dalam freezer. Tapi nyucinya menggunakan air bersih, kalau bisa air yang siap minum, yang salah itu kalau air bekas cuciannya diminum.

2. Jangan mencuci menggunakan air sumur atau air lain yg tidak terjamin higienitasnya (apalagi air keras yang digunakan untuk nyiram muka Pak Novel Baswedan). Air yang kurang bersih bisa menyebabkan bakteri pada airnya nyangkut di pori2 daging apalagi jika dagingnya ingin disimpan lama dalam kulkas.

3. Daging yang memar akibat cubitan ibu2 genit karena rebutan saat pembagian daging, atau yang kotor sebaiknya diiris kemudian dibersihkan dan diolah secepatnya. Daging ini sebaiknya tidak dicampur dengan daging yang bagus jika ingin disimpan lama.

4. Jangan campur antara daging sapi dan daging kambing, bisa menimbulkan bau prengus. Dan jangan sekali2 meletakkan daun pandan untuk mengurangi baunya, karena nanti mereka akan rebutan, hehehe.

5. Jangan mencampur jeroan dan daging untuk menghindari kontaminasi silang, jeroan banyak mengandung bakteri dibandingkan daging. Hati dan ginjal dipisahkan juga, karena hati kadang masih mengeluarkan darah hingga daging akan lebih basah apalagi sapinya pernah sakit hati, ditinggal pacarnya yg duluan disembelih tahun lalu. Ginjal bisa menyebabkan bau pesing pada daging. DAlam ginjal terdapat sisa2 amonia nya masih ada apalagi kl sapinya suka nahan kencing saat mau di sembelih karena grogi.

6. Perhatikan waktu rigor mortis daging. Weits…, rigor mortis itu apa? Rigor mortis itu adalah saat daging menjadi kaku, tiap hewan atau manusia setelah mati akan mengalami kekakuan otot saat glikogen (gula darah) dalam darahnya sudah abis diubah menjadi ATP, dan ATP nya sudah habis juga. Glikogen itu yang menyebabkan daging berasa ada manis-manis nya gitu.

7. Waktu rigor mortis untuk masing2 hewan berbeda-beda, untuk sapi biasa kira2 12 jam pada suhu 24C (suhu ruang, ruang ber-AC maksudnya yg diset 24C). Namun tergantung juga kl sapinya kelelahan sebelum di sembelih bisa lebih cepat krn gula darahnya (glikogen) sudah menipis. jadi secepat mungkin diolah. Kalau sapinya sebelum disembelih diberi makan kenyang2 dulu, trus diajak jalan2, diajak nonton, di traktir makan rumput tetangga yang lebih hijau, pokoknya dibuat serileks mungkin, insyaAllah glikogennya akan lebih banyak dan proses rigor mortisnya lebih lama.

8. Paling aman untuk menghindari rigormortis daging telah dibershikan, dikemas, dan disimpan maksimal 6 jam dari waktu sembelihnya.

9. Jika daging dimasak atau disimpan saat rigormortis, maka simsalabim dagingnya akan berubah jadi karet pemirsa, alias alot alias keras alias bisa bikin muka berkerut saat menggigitnya. Tetapi jika anda menginginkan senam muka silahkan mengkonsumsi daging yang dimasak atau disimpan saat rigor mortis. Bagi yang penasaran dengan rigor mortis silahkan cari di google

10. Lemak pada daging sebaiknya dipisahkan jika ingin menyimpan lama daging dalam kulkas. Lemak masih bisa terjadi proses ketengikan pada suhu dingin. Selain itu pasti ibu-ibu sekalian tidak mau khan dituduh menimbun lemak, soalnya masalah lemak adalah masalah sensitif bagi wanita.

11. Kemas dan simpan daging dalam porsi yang kecil-kecil misalnya per 200 gr jangan dalam porsi besar. Supaya dagingnya tidak keluar masuk dan melewati beberapa kali proses pencairan atau thawing. Selain itu waktu thawingnya juga bisa lebih ringkas. Jangan suka buat daging merasa di PHP karena belum waktunya dimasak eh dimasukkan lagi ke dalam kulkas. Hehehe.

12. Daging yang diris pipih lebih mudah untuk di thawing dibandingkan yang dipotong besar-besar, apalagi daging yang diukir mirip boneka.

13. Gunakan plastik yang bersih untuk makanan atau kotak plastik untuk menyimpan daging dalam kulkas. Jangan pakai kardus yah. Hehehe. Simpan dulu idealisme anda sebagai pencinta lingkungan jika anda berniat mengggunakan plastik hitam daur ulang untuk menyimpan daging.

14. Pastikan anda memiliki kulkas, dan kulkas anda memiliki freezer sebelum berniat menyimpan daging dalam freezer.

15. Simpan daging dalam freezer, untuk penyimpanan jangka panjang, daging yang disimpan beku dalam freezer bisa bertahan hingga 6 bulan bahkan setahun. Bahkan daging bisa bertahan bisa seumur hidup jika anda dan orang di rumah anda adalah vegetarian atau vegan.

16. Tidak usah sering-sering menengok daging yang ada dalam freezer. Mereka baik2 saja disana.

17. Proses Thawing. Proses thawing adalah proses melelehkan kristal-kristal es yang ada di dalam daging setelah keluar dari freezer.

18. Jangan langsung memasak daging dalam keadaan dingin dan keras, menyebabkan matangnya daging tidak sempurna. Bagian luar akan kelihatan masak, manun tidak bagian dalamnya, tidak masaknya semua bagian daging menyebabkan bakteri yang memiliki spora masih tetap hidup dan masuk kedalam pencernaan. Ini serius bro..! waspadalah.

19. Proses thawing yang benar yaitu sehari atau semalam sebelum daging diolah untuk dimasak, daging dikeluarkan dulu dari freezer (suhu beku) kemudian dimasukkan ke bagian kulkas yang suhu dingin atau sejuk (chiller).

20. Thawing Menggunakan microwave merupakan cara aman yang tercepat untuk thawing daging.

21. Lebih bagus melakukan thawing dengan menyimpan daging dan mencuekinya di suhu ruang. Kalau takut dagingnya merasa dicueki, sebaiknya di simpan di depan TV, supaya bisa ikut menonton acara kepo infotainment sambil menunggu kristal2 es yang ada di antara dinding selnya meleleh dan daging kembali lunak.

22. Perhatian Buat ibu-ibu muda dan para remaja, jangan melakukan thawing atau melelehkan daging sambil nonton drama Korea, karena kemungkinan anda yang duluan meleleh dibandingkan kristal es pada daging.

23. Jangan melakukan thawing dengan merendam daging dalam air, apalagi direndam dalam kopi, atau anda ikut berendam bersama daging… Hehehehe.

Selamat Berqurban.

Salam,

Februadi.

Leave a Reply

You are donating to : Filsafood donation

How much would you like to donate?
$10 $20 $30
Would you like to make regular donations? I would like to make donation(s)
How many times would you like this to recur? (including this payment) *
Name *
Last Name *
Email *
Phone
Address
Additional Note
Loading...