Filsafood. Tulisan bergizi untuk akal dan jiwa yang sehat
nasi goreng

Nasi goreng, haruskah digoreng dengan minyak?


Nasi goreng tanpa minyak. Siapa yang tak kenal nasi goreng? Mungkin bisa dikatakan sebagai menu lengkap yang praktis untuk disajikan setiap saat. Selama dapur kita masih menyimpan bawang putih, bawang merah dan garam, lalu bumbu-bumbu tadi dihaluskan, dicampur nasi, dimasak sebentar, jadilah nasi goreng paling sederhana. Mau lebih lengkap? Siapkan telur, irisan daun bawang, suwiran ayam. Mau super lengkap? Ya bisa berkreasi sendiri sesuai selera.

Yang bisa menjadi masalah adalah jika menggunakan minyak yang berlebih untuk menumis bumbu halus tadi sehingga kenampakan nasi goreng menjadi mengkilap oleh minyak. Atau jika sesendok nasi tersebut diletakkan di atas tissu akan meninggalkan bekas noda minyak dengan luas area yang lumayan besar. Hmm…namanya juga nasi goreng wajarlah. Apa iya begitu? Tidak juga. Nama boleh sama tapi dengan cara pengolahan yang beda tidak akan mengurangi kenikmatan menu tersebut. Jadi boleh lah kita membuat nasi goreng tanpa digoreng dengan minyak. Cukup menyiapkan wajan anti lengket, bumbu2 yang sudah dihaluskn dipanaskan di wajan, ditambahkan nasi & kelengkapan lain, diaduk merata, dicicipi, jadilah nasi goreng sehat tanpa minyak. Silakan dicoba. Kalau enak kabari penulis ya. Kalau tidak enak mohon maaf, kesalahan bukan pada penulis.

picture source: https://www.balifoodsafari.com/secrets-to-the-perfect-nasi-goreng-recipe/

Oleh: Meta Mahendradatta

Prof. Meta Mahendradatta
Kontributor

Seorang dosen Ilmu pangan di Universitas Hasanuddin. Beliau juga aktif menulis buku. Tulisan pribadinya juga dapat dilihat di metamahendradatta.blogspot.com

Leave a Reply

You are donating to : Filsafood donation

How much would you like to donate?
$10 $20 $30
Would you like to make regular donations? I would like to make donation(s)
How many times would you like this to recur? (including this payment) *
Name *
Last Name *
Email *
Phone
Address
Additional Note
Loading...