Filsafood. Tulisan bergizi untuk akal dan jiwa yang sehat
manfaat sukun

Manfaat Sukun


Manfaat sukun. Sukun (Artocarpus altilis) paling enak dibuat gorengan sebagai cemilan untuk menemani minum teh atau kopi. Sukun banyak tumbuh di Indonesia. Sukun memiliki nama lokal yang berbeda-beda di tiap lokasi. Di Madura, sukun dikenal dengan nama sokon, di Aceh dikenal dengan nama sakon, di Nusa Tenggara dikenal dengan nama karara. Di daerah sulawesi sukun dikenal dengan banyak nama yaitu ku’u, kuhuku, kulud, kuruch, bakara, kurur, atau amo. Nama sukun dalam bahasa inggris sendiri yaitu breadfruit.

Buah sukun dapat tumbuh diketinggian 650 m dpl. Tanaman ini mencapai tinggi hingga 20 meter, dan diameter batangnya hingga 2 meter dibagian dasar. Sukun dapat tumbuh pada berbagai kondisi tanah tanpa perlu banyak perawatan. Tanaman ini berbuah pada usia 3-5 tahun. Buahnya mencapai kematangan maksimal antara 13-21 minggu. Pada kematangan ini sangat enak untuk diolah menjadi produk-produk pangan dengan pengolahan yang tepat tentunya.

Manfaat sukun

Buah sukun adalah bagian tumbuhan yang paling banyak diambil manfaatnya oleh manusia, namun ternyata batang dan daunnya juga memberikan manfaat bagi manusia. Daun buah ini juga dikenal mengandung berbagai macam flavonoid yang dapat memberikan manffat bagi kesehatan manusia. Berikut adalah beberapa manfaat dari buah sukun.

  1. Sumber Karbohidrat. Secara umum, buah sukun dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat terutama di kawasan Asia. Dari 100 g bobot segar sukun mengandung kurang lebih 15-17% pati, dan patinya memiliki kelembapan sekitar 10-12%.
  2. Sebagai bahan pembuatan papan selancar. Kayu dari pohon sukun tidak bagus dijadikan bahan untuk kontruksi bangunan, namun lebih cocok untuk dijadikan alat rumah tangga, perahu dan banyak dijadikan sebagai papan selancar karena bobotnya yang ringan.
  3. Pencerah Kulit. Kandungan senyawa aurone dan flafonoid yang terdapat pada sukun memiliki aktivitas penghabatan tirosinase yang dapat menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Selain itu kandungan artocarpin pada sukun juga telah diteliti sebagai bahan pemutih dan obat kanker kulit.
  4. Antiinflamasi. Kandungan flavonoid yang di ekstrak dari sukun telah diteliti memiliki aktivitas antiinflamasi. Kandungan geranyl flavonoid antara lain prostratol, arcommunol D, dan arcommunol E yang di ekstrak dari daun sukun terbukti memiliki manfaat sebagai antiinflasasi.
  5. Antidiabetes. Kandungan altilisin H, I, dan J memiliki aktivitas penghambatan alpha-glucosidase yang bekerja memecah pati dan disakarida menjadi glukosa.
  6. Antikanker. Kandungan senyawa geranyl dihydrochalcone yang di ekstrak dari daun tanaman sukun menunjukkan toksisitas tingkat moderat melawan sel kanker manusia yaitu paru-paru, usus besar, dan hepatoseluler. Penelitian lain menunjukkan penurunan kelangsungan hidup sel pada sel kanker payudara.
  7. Antihipertensi. Sekali lagi dari ekstrak daun sukun, juga dapat memberikan manfaat pada penderita hipertensi.

Resep herbal menggunakan daun sukun

Salah satu resep herbal dari manfaat sukun yaitu sebagai obat hepatitis dan kanker usus yang dishare oleh herbalis Wahyu Suprapto dan Valentina Indrajati dalam buku 100 plus herbal Indonesia.

Untuk penderita hepatitis. Rebus satu lembar daun sukun berwarna kuning dalam 4 gelas air hingga mendidih dan tersisa dua gelas. Ramuan ini diminum sehari sekali. Ramuan ini akan memberikan manfaat setelah terapi selama 2,5 bulan

Untuk penderita kanker usus. Rebus 9 gram daun sukun, 7 gram rimpang lengkuas, 7 gram kapulaga, 5 gram pulosari, 5 gram daun kelor, 5 gram rimpang kunyit, dan 7 gram tapak dara. Semua bahan dalam bentuk serbuk. Semua bahan kemudian direbus dalam dua gelas air hingga mendidih. Endapkan dan saring kemudian bagi ramuan menjadi dua gelas dan diminum tiap pagi dan sore.

Salam,
Filsafood.

 

Leave a Reply

You are donating to : Filsafood donation

How much would you like to donate?
$10 $20 $30
Would you like to make regular donations? I would like to make donation(s)
How many times would you like this to recur? (including this payment) *
Name *
Last Name *
Email *
Phone
Address
Additional Note
Loading...