Junsai Boya Japan Restaurant

Info

Nama Usaha Junsai Boya
Lokasi 〒719-1131 岡山県総社市中央2丁目7−11

Culinary Story

Seperti biasanya, pelajar-pelajar di Jepang selalu merayakan akhir semester dengan sebuah party. Party yang mereka lakukan bukan seperti party american style hehehe. Mereka hanya bergi bersama-sama ke sebuah rumah makan yang telah di reservasi sebelumnya kemudian makan bersama sambil bercerita satu sama lain.

Tahun ini saya ikut dengan party mereka di rumah makan Jepang yang ada di kota kami, Soja. Party kali ini sekaligus merayakan beberapa teman termasuk saya yang telah ujian meja beberapa minggu lalu. Nama rumah makannya Junsai Boya (旬彩 坊や).

Layaknya rumah makan Jepang yang lainnya, tempatnya cukup kecil dan hanya terdapat dua ruangan. Ruangan yang di depan terdapat dua meja kecil untuk empat orang, dan sebuah meja panjang untuk 5-6 orang yang berhadapan langsung dengan dapurnya.Ruangan lainnya dapat memuat hingga 16 orang dan ruangannya lebih private. Saya selalu suka dengan desain minimalis rumah makan Jepang yang sangat compact dan selalu menghadirkan suasana hangat untuk mengakrabkan satu sama lain.

Pada makanan pembuka, kami disajikan dua cawan kecil acar sayuran yang renyah dengan kuah yang rasanya asam tentunya. satu cawan isinya ebi yang gurih dan sedikit manis, serta sebuah cawan kecil berisi mashed potato yang sangat lembut.

Makanan pembuka yang terdiri dari acar sayuran, ebi, dan mashed potato

Jika menikmati sajian di rumah makan Jepang, satu persatu jenis makanan akan disajikan secara berurutan, jadi tidak langsung tersaji di meja semuanya. Waktu pertama kali ikut makan malam dengan sajian lengkap, saya terkaget-kaget karena saya tidak tau kapan beraneka jenis makanan ini akan berakhir disajikan.

Setelah makanan pembuka tadi, Sashimi kemudian disajikan di atas meja makan kami. Saya selalu senantikan sashimi jika mengikuti party makan malam.

Sashimi yang disajikan terdiri dari tiga jenis daging ikan mentah, dan daging gurita yang kenyal, lengkap dengan wasabi dan irisan lemon, rumput laut dan beberapa jenis daun-daunan yang saya tidak tau apa namanya 🙂

Sashimi

Setelah sashimi, sajian berikutnya biasanya daging-dagingan. Biasanya daging sapi, atau karage ayam. Kali ini daging yang disajikan adalah daging sapi yang diiris tipis kemudian digulung dalam tulang sapi dan di grill, kemudian disiram kuah berwarna coklat yang terlihat gurih dan diatasnya ditaburi wijen. Terlihat enak, tapi sayang saya tidak bisa memakannya, karena kemungkinan besar daging sapi yang disajikan itu bukan jenis daging halal, jadi bagian saya saya berikan kepada teman saya.

Daging yang diiris tipis dan dibalut pada tulang kemudian dibakar dan dlumuri saos dan ditaburi wijen

Menu selanjutnya yang disajikan yaitu semacam perkedel, tp isinya daging kepiting yang dihancurkan gitu, sangat lembut, dan sangat pas dengan kulitnya yang sangat renyah. saya sebenarnya tidak teralu suka dengan daging kepiting, tapi jika dimasak seperti ini sy sangat menikmati tiap gigitannya.

Karage kepiting

Petualangannya belum berakhir sampai disini, masih ada sajian berikutnya yaitu tofu dan udang yang digoreng renyah disajikan dengan kuah miso. Rasanya jangan ditanya lagi, gurihnya kuah miso sangat pas dengan lembutnya tofu dan renyahnya udang yang digoreng dengan tepung tapi berbeda dengan tempura.

Tofu dan karage udang dengan kuah miso

Terakhir sebelum makanan penutup disajikan, supaya perut makin kenyang, disajikan bubur dengan kuah miso dan campuran telur serta ditaburi potongan-potongan tipis rumput laut. Disajikan hangat sangat tepat untuk menghangatkan diri di musim dingin saat ini.

Bubur

Setelah itu kami disajikan makanan penutup berupa es krim rasa vanila, sayang lupa memfoto ice creamnya. Sajiannya juga tidak teralu istimewa, hanya eskrim saja yang ditaburi potongan-potongan kecil almond diatasnya.

Sebenarnya tiap rumah makan di Jepang punya sajian menu yang berbeda-beda dan memiliki ciri khan sendiri yang kadang orang Jepang sendiri baru pertama kami menikmatinya. Bulan depan sudah balik kembali ke Indonesia, jadi pasti akan merindukan makan malam makanan jepang lagi.

You are donating to : Filsafood donation

How much would you like to donate?
$10 $20 $30
Would you like to make regular donations? I would like to make donation(s)
How many times would you like this to recur? (including this payment) *
Name *
Last Name *
Email *
Phone
Address
Additional Note
Loading...