Shabu-shabu Hitori Nabe Megu

Info

Nama Usaha Hitori Nabe Megu
Lokasi Okayama- Jepang

Culinary Story

HITORI NABE MEGU. Ada yang spesial di bulan Februari tahun ini. Selain ulang tahun saya dan istri, di bulan Februari tahun ini saya juga telah menyelesaikan ujian terbuka doktoral saya. Kami sekeluarga pun ingin merayakan semuanya.

Akhirnya kami memilih makan shabu-shabu…. Namun untuk mendapatkan shabu-shabu yang halal di Jepang sangat sulit. Meskipun shabu-shabu menggunakan daging sapi, namun belum tentu daging sapi yang digunakannya adalah daging sapi yang halal. Demikian pula sausnya yang biasa mengandung mirin yang memiliki kandungan alkohol.

Di Okayama ada sebuah restoran shabu-shabu halal yang dekat dengan stasiun Okayama. Namanya Hitori Nabe Megu Lokasinya bisa ditempuh dengan berjalan kaki kurang lebih lima belas menit. Tempatnya cozy, dengan ruangan-ruangan private untuk 4-5 orang sebanyak 3 ruangan. Di hari libur biasanya pengunjungnya padat, oleh sebab itu sebaiknya dua hari sebelumnya reservasi dulu tempatnya. Kami reservasi melalui website gnavi.

Selain shabu-shabu, ada juga pilihan menu sukiyaki yang disajikan oleh Hitori Nabe Megu. Pemiliknya dengan ramahnya menawari kami apakah ingin menikmati shabu-shabu atau sukiyaki, trus juga nanya apakah ingin udon atau nasi. Karena penasaran dengan shabu-shabunya, kami semua hanya memilih shabu-shabu. Mungkin kunjungan berikutnya kami akan coba menu sukiyakinya.

Sebenarnya shabu-shabu adalah makanan hotpot yang berasal dari China. Kemudian di tahun 1950an, shabu-shabu banyak disajikan oleh warung-warung makan di Osaka. Ciri khas shabu-shabu adalah daging sapi yang diiris tipis kemudian di rebus dalam air mendidih yang kemudian di celup di saus oyster dan wijen sebelum disantap. Selain daging, ada juga sayuran tahu dan udon atau nasi sebagai bahan sajian lainnya.

Daging yang direbus di air mendidih dengan cara dicelup-celup itu akan melarutkan lemak dan protein dari daging sehingga air mendidih tadi akan berubah menjadi kuah daging yang gurih nikmat.

Ada dua jenis saos yang digunakan yaitu saos oyster yang rasanya manis dan asam orang Jepang menyebutnya saus tare, dan juga saos wijen yang creamy dan gurih. Anak-anak sangat menyukai saos wijennya yang sangat pas dicampur dengan dagingnya yang lembut, rasanya seperti saos kacang.

Untuk harga porsi makan siang cukup membayar 1200 yen per porsi. Menunya sudah termasuk daging halal yang diiris tipis, sayuran, udon atau nasi, dan makanan penutup berupa puding coklat yang juga enak. Sedangkan untuk menu dinnernya harganya 2500 yen per porsi dengan menu, makanan pembuka, daging halal, sayuran, makanan penutup dan minuman ringan. Harganya sudah termasuk pajak.



You are donating to : Filsafood donation

How much would you like to donate?
$10 $20 $30
Would you like to make regular donations? I would like to make donation(s)
How many times would you like this to recur? (including this payment) *
Name *
Last Name *
Email *
Phone
Address
Additional Note
Loading...