Filsafood. Tulisan bergizi untuk akal dan jiwa yang sehat
gula bisa bikin gemuk

Gula bisa bikin gemuk, kok bisa?


Kok bisa gula bisa bikin gemuk ? Harusnya gula yang dimakan bisa bikin manis dong?. Gula pastinya bisa bikin manis, maksudnya bikin manis kencing. Kalau mau bikin muka jadi tambah manis bukan makan gula neng. Yang bikin manis itu perbanyak senyum dan jaga wudhu nya dijamin orang yang melihat kamu akan jadi diabetes. hehehe.

Memakan indomie goreng dua bungkus ditambah nasi sepiring sebelum tidur tidak serta merta langsung mengubahnya menjadi lemak setelah dimakan. Untuk mengubah mie yang mengandung tepung untuk menjadi gula, kemudian gula menjadi lemak tidak terjadi sekejam mata. Ada banyak rangkaian reaksi kimia dan enzimatis yang harus dilaluinya.

Perubahan gula menjadi lemak bukan hanya dari jenis makanan yang kamu makan. Namun juga berdasarkan berapa banyak kebutuhan energi yang dibutuhkan tubuhmu setelah makan. Aktivtas setelah makan akan mempengaruhi konversi gula menjadi energi. Jika aktivitas setelah makan adalah berlari jelas konversi gula menjadi energi dalam tubuh akan terjadi. Namun jika setelah makan langsung baring nonton Youtube, nonton video tik-tok, atau mata-matain mantan di facebook pasti gula akan dikonversi menjadi lemak. Apalagi setelah makan kemudian langsung tertidur hehehe, inilah yang menyebabkan gula bisa bikin gemuk.

Konversi glukosa dalam tubuh.

Kencangkan ikat pinggang anda, dan jangan ragu mengerutkan dahi. Bahasan selanjutnya akan lebih serius dan penuh dengan istilah-istilah kimia supaya penulis terlihat lebih keren menjelaskan. Jika tidak mengerti pura-pura saja mengerti supaya tidak disuruh ke depan papan tulis untuk menjelaskan. 

Jadi gini, tepung yang diolah menjadi mie, kemudian disiram air panas dan dimakan, di dalam tubuh akan berubah menajdi glukosa melalui proses rangkaian proses enzimatis dan hidrolisis. Glukosa adalah sebuah molekul yang memiliki enam karbon. Kemudian glukosa ini dipecah supaya rame menjadi dua unit three-carboon pyruvate. Proses ini dinamakan proses glikolisis.

Kemudian masing-masing senyawa pyruvate ini diubah lagi menjadi senyawa acetyl CoA. Nah acetyl CoA ini akan masuk kedalam siklus tricarboxylic acid (TCA) atau biasa juga disebut siklus Krebs untuk mengubahnya menjadi energi yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh untuk bekerja.

Proses ini terjadi dalam mitokondria sel. Yang lupa saya jelaskan, glukosa yang ada di saluran darah tidak akan masuk ke dalam dan diubah menjadi energi JIKA tidak ada insulin yang mengantarnya masuk.

Peran insulin

Nah disinilah perannya insulin. Jika asupan gula teralu banyak, pankreas akan bekerja dengan berat memproduksi insulin untuk menemani gula masuk ke proses selanjutnya. Jika Pankreas telah lelah hayati disuruh kerja rodi mengimbangi membludaknya pengunjung dalam bentuk glukosa, maka suatu saat dia akan rusak dan tidak akan memproduksi lagi. Saat inilah glukosa hanya berputar-putar saja dalam aliran darah disaring di ginjal dikeluarkan melalui urin sehingga terjadilah darah tinggi dan kencing manis.

Ini yang menyebabkan penyakit diabetes tipe 2. perbedaan dengan tipe 1, yaitu tipe 1 memang dari awal tubuh tidak dapat memproduksi insulin. Penderita diabetes type 1 selalu membutuhkan asupan insulin yang secara rutin harus disuntikkan dalam tubuh. Memang sih diabetes tipe 2 bisa disebabkan oleh faktor usia juga, tapi konsumsi gula berlebih juga menjadi faktor pemicu utama.

acetyl CoA dan penyebab gula bisa bikin gemuk

Kembali ke senyawa acetyl CoA tadi. Jika aktivitas setelah makan mie goreng dua bungkus tadi adalah membersihkan rumah bagi ibu-ibu, atau membersihkan got bagi bapak-bapak, atau joget-joget didepan kamera unutk membuat video tik-tok bagi remaja putri, maka, tubuh akan memerintahkan acetyl CoA tadi diubah menjadi energi untuk bergerak.

Namun jika setelah makan yang dilakukan hanya tidur di sofa sambil main HP, tubuh tidak membutuhkan banyak energi, kecuali untuk membuat jantung tetap berdetak, hidung tetap bernafas, jempol tetap menari-nari, dan mata untuk berkedip, maka acetyl CoA tadi diubah menjadi trigliserida melalui proses sintesis asam lemak kemudian disimpan dengan baik di jaringan lemak pada tubuh, jika ini terus menerus dilakukan, maka suatu saat anda akan digrebek oleh satgas Pangan yang melakukan operasi pasar karena telah menimbun bahan makan. Pada kondisi ini anda berpotensi menjadi obesitas, dan menjadi bukti bahwa gula bisa bikin gemuk.

Tapi tenang, cadangan makanan dalam bentuk trigliserida ini bagaikan powerbank yang dapat digunakan suatu saat misalnya saat berolah raga, atau lari keliling lapangan tanpa sebab apapun.

Sintesis asam lemak

Proses sintesis asam lemak yang mengubah acetyl CoA menjadi lemak tadi dipengaruhi juga oleh jenis makanan dan hormon yang diproduksi tubuh. Jika tubuh mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi, maka tubuh akan memproduksi insulin bersamaan dengan enzim Fatty acid synthase yang mempercepat pembentukan penimbunan lemak.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh juga mempercepat proses penimbunan lemak dalam tubuh. Ketika jaringan tubuh telah menimbun banyak lemak, maka tubuh akan memroduksi senyawa yang bernama Leptin. Senyawa ini menyebabkan menurunkan penyerapan makanan, meningkatkan pelepasan energi dan menghambat sintesis asam lemak. Disinilah salah satu kebesaran Allah untuk menyayangi kita supaya tetap memiliki berat ideal. Bagi yang ingin menurunkan berat badan suntik leptin ini biasa menjadi salah satu pilihan.

Lypolysis 

Lemak yang digunakan sebagai sumber energi awalnya dipecah dulu melalui proses lypolysis. Prosesnya sama terjadi juga salam mitokondria. Awalnya asam lemak diubah lagi menadi Acetyl CoA kemudian masuk lagi ke siklus Krebs (TCA) kemudian diubah menjadi energy lagi. Tapi ingat proses ini tidak akan terjadi jika tubuh memang membutuhkan energi ekstra misalnya berolah raga, atau dalam kondisi dibawah pengaruh asupan leptin tadi.

Salam indomie goreng dua bungkus.

Februadi Bastian
Kontributor

Seorang dosen Ilmu pangan di Universitas Hasanuddin. Saat ini sedang pusing dengan penelitian S3-nya mengenai Natural Compound di Okayama Pref. University Japan.
Tulisannya juga dapat dibaca di februadibastian.blogspot.com

Leave a Reply

You are donating to : Filsafood donation

How much would you like to donate?
$10 $20 $30
Would you like to make regular donations? I would like to make donation(s)
How many times would you like this to recur? (including this payment) *
Name *
Last Name *
Email *
Phone
Address
Additional Note
Loading...