Filsafood. Tulisan bergizi untuk akal dan jiwa yang sehat
Coto

Coto Makassar, apakah juga Termasuk Soto?


Diantara semua jenis soto, hanya Coto Makassar yang menggunakan huruf C di depan namanya. Saat para Soto Nusantara berkumpul, soal nama, Coto Makassar selalu mendapat gurauan. “Kok beda sendiri namanya karena tidak menggunakan nama Soto pada umumnya?”.

Tapi kalau soal rasa… wuih.. jangan ditanya, karena di Makassar ada penyakit yang namanya Garring Coto atau penyakit yang hanya sembuh jika telah memakan coto. Belum pernah ada penyakit seperti ini yang di asosasikan dengan jenis soto mana pun. Coto mungkin mengandung candu…

Soal mangkuk, coto juga berbeda, mangkuknya menggunakan mangkuk kecil. Mungkin bagi yang pertama kali makan coto akan merasa porsinya kurang. Padahal, untuk ukuran segitu sudah bisa dinikmati dengan dua buah ketupat, dan sudah cukup untuk membuat sendawa dan berkeringat orang yang menyantapnya hangat dengan perasan jeruk nipis dan sambal tauco nya yang khas.

Apakah coto adalah soto?

Jadi pertanyaannya apakah benar coto adalah soto? atau kalau dalam ilmu taksonomi, apakah coto dan soto itu berada dalam family yang sama, bukan pada genus yang sama?

Baik, buka KBBI online… cek kata soto, hasilnya kurang lebih seperti ini:
“Masakan yang kuahnya dimasak tersendiri dan rangkaian isinya antara lain daging, kentang, bawang goreng yang dimasukkan kemudian, pada waktu akan dihidangkan”.
Sekarang cek Kata Coto, dari Kamus Besar Bahasa Indonesia Online, coto diartikan “sup khas Makassar, dibuat dari jeroan dan potongan daging sapi atau kerbau”

Jadi menurut KBBI, Coto itu masuk kategori Sup, bukan Soto. Sedangkan soto, sop, sup itu satu kelompok kata dalam tesaurus kata dalam makanan berkuah bersama dengan bakso; semur; opor, gulai, kalio, rawon.

Nah, Jadi kalau menurut KBBI kita buat taksonomi antara Coto Makassar dan Soto Ayam (salah satu kelompok Soto-sotoan) mungkin seperti ini:

Coto:
Family : Makanan Berkuah
Genus : Sup
Spesies : Coto Makassar
sedangkan Soto ayam
Family : Makanan berkuah
Genus : Soto
Spesies : Soto Ayam

Sejarah Coto Makassar

Tapi ternyata kalau dilihat sejarah Soto dari ilmu Gastronomy, dalam buku Kenduri, Soto dan Coto itu satu jenis. Jadi, Coto Makassar tidak masuk dalam kelompok Sup seperti yang dituliskan di KBBI online. Karena Sup sendiri memberikan cita rasa yang halus, tidak kuat dan ringan. Berbeda dengan Soto yang akan membanjiri lidah dengan cita rasa rempah yang kuat. Bagi peminum kopi, soto itu Body nya lebih Bold..

Hampir tiap daerah di Indonesia memiliki jenis soto sendiri-sendiri, sebut saja Soto Lamongan, Soto Medan, Soto Padang, dan di Makassar ada Coto Makassar yang namanya beda sendiri. Kemiripannya sebenarnya pada kekayaan rempah yang ditambahkan.

Meskipun Soto ini sudah dikenal sebagai kuliner asli Indonesia, ternyata disinyalir berasal dari Tiongkok, soalnya dulu tidak ada budaya makan di Nusantara yang menggunakan mangkok dan sendok. Makanan berkuah juga lebih dikenal di negara dengan empat musim dibandingkan dengan di negara tropis.

Soal nama Coto, menariknya disini, karena menurut peneliti budaya Asia Tenggara asal Prancis, Denys Lombard dalam bukunya yang berjudul Nusa Jawa: Silang Budaya, yang merunut sejarah Soto dari asal katanya berasal dari Tiongkok yaitu Cáo dú atau dibaca Chau to yang artinya Jeroan dan rempah.

Baca juga: 6 jenis teh yang harus kamu tahu

Kalau pakai ilmu cocoklogi yang biasa digunakan oleh Tumming dan Abu, Kata Chau to itu lebih dekat dengan Kata Coto dibandingkan Soto, arti katanya juga sangat dekat yaitu makanan yang berisi jeroan yang kuahnya berempah, kemudian Coto berubah menjadi Soto.

Jadi kl dilihat dari etimologinya, telinga orang Makassar lebih peka menangkap dialek tiongkok sehingga memilih nama Coto dibandingkan Soto.

Meskipun Coto pernah diteliti oleh orang Perancis dan kemungkinan makanan ini berasal dari Tiongkok, tapi tolong makanan yang satu ini Jangan diboikot yah…

Sumber foto: Resep masak terbaru

Leave a Reply

You are donating to : Filsafood donation

How much would you like to donate?
$10 $20 $30
Would you like to make regular donations? I would like to make donation(s)
How many times would you like this to recur? (including this payment) *
Name *
Last Name *
Email *
Phone
Address
Additional Note
Loading...